Coffee Morning Kapolres Pamekasan di Polsek Pasean

Coffee morning Kapolres Pamekasan di Polsek Pasean, bersama netizen dan tokoh masyarakat Pasean –- Pasean adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Pamekasan, pagi itu aku dan rekanku sampai di Polres Pamekasan tepat jam 7:00 WIB, karena kami memiliki janji dengan Kapolres Pamekasan, untuk mengikuti beliau untuk kunjungan kerja ke daerah pantura. Berhubung netizen Jawa Timur yang lain masih belum datang akhirnya kami menunggu yang lain di parkiran Polres. Akhirnya beberapa menit kemudian mereka sudah sampai di tempat kami, canda tawa kembali muncul dalam sapaan pagi kami (04/03/2016).

Begitulah netizen tetap saja becanda, tetapi kami tau sikon kok. Setelah semua personil lengkap, kami memasuk ke Polres Pamekasan untuk menemui bapak Kapolres, saat memasuki pintu Polres aku sedikit ngeri, kanan dan kiri yang kuliahat hanya pintu-pintu yang tertutup rapat, dengan sebuah nama yang terpampang jelas di atas pintu, akhirnya tibalah kami di koridor dan menunggu ajudan Kapolres Pamekasan, karena pesan dari Kapolres bahwa kami berangkat bersama ajudannya sebab beliau sudah berangkat.

Kami berangkat menuju Pasean, unruk menghadiri acara coffee morning Kapolres Pamekasan bersama masyarakat Pasean, yang diadakan di Polsek Pasean. Acara yang dikemas dengan nyantai ini, membuat setiap masyarakat berani memberitahu apa yang mereka rasakan di lingkungan yang mereka tempati. Bapak Kapolres menjelaskan kepada masyarakat dengan santai tapi benar-benar menjelaskan situasi yang terjadi dengan jelas, dan salah satu topik yang dibahas dengan lumayan panjang, ketika bapak Kapolres menjelaskan tentang Narkoba.

netizen2

Beliau menyampaikan, ““Orang yang menggunakan narkoba belum tentu pengedar, karena pengguna narkoba adalah korban, jadi bukan ditanggap melainkan harus disembuhkan dari kecanduan””.

Untuk itulah bapak Kapolres menjelaskan dengan panjang lebar, agar masyarakat lebih waspada lagi untuk kedepannya. Sehingga tercipta suatu daerah yang sehat dan bebas dengan narkoba. Setelah acara bincang-bincang coffee morning di Polsek Pasean, acara ditutup dengan do’a. Pemberian cindera mata untuk para tokoh masyarakat Pasean, yang diberikan langsung oleh bapak Kapolres Pamekasan, serta pemberian santunana anak yatim.

netizen1

Pemberian santunan anak yatim yang diberikan langsung oleh bapak Kapolres, dan itu kali pertama aku melihat langsung pemberian santunan kepada anak yatim, mereka diberikan beras, makanan ringan, telur dan entah apa isi dari sebuah kerdus dan amplop yang juga diberikan kepada mereka.

netizen4

Lengkap dengan baju pramuka yang mereka kenakan, dan rasa takut yang mereka rasakan terlihat sekali bahwa mereka tidak mau menatap bapak Kapolres dan jabat tangan yang agak sedikit ragu mereka lakukan, namanya juga anak kecil yang mungkin melihat polisi terkadang ada yang takut dan tidak. Mungkin diam ditempat yang bisa mereka lakukan, sampai bapak Kapolres dan jajarannya keluar, mereka baru berani celingak-celinguk kanan dan kiri untuk mencari seseorang yang bisa membantu mereka untuk membawakan pemberian dari Polres da Polsek.

Setelah acara coffee morning, dilanjutkan kunjungan kerja ke Polsek Tamberu oleh bapak Kapolres dan jajarannya. Sebelum ke tempat tujuan kami berhenti di sebuah pesantren untuk melaksanakan sholat jum’’at. Masjid yang besar menyambut kami saat menuju ketempat itu, serta cangkruk tempat para santri tinggal, itu sangat terlihat sepi karena hanya beberapa orang saja yang terlihat ditempat itu. Aku dan temanku mencari sebuah musollah wanita untuk menunggu mereka semua selasai melaksanakan sholat jum’’at.

Setelah selesai sholat jum’’at kami kembali berangkat menuju Polsek Tamberu, dalam perjalan yang lumayan panjang. Aku menikmati pemandangan yang indah disepanjang jalan pantura, pantai yang begitu tenang terlihat dari dalam mobil, pohon-pohon yang masih ada disepanjang jalan sangat indah dan melambai-lambai dengan begitu anggunnya, seakan-akan mereka menyambut kedatangan kami.

Akhirnya kami samapi di Polsek Tamberu, sebelum kami mengikuti bapak Kapolres berbincang-bincang dengan Polsek Tamberu, kami keliling Polsek untuk memfoto tempat itu. Kami menemukan sesuatu yang menurutku itu benar-benar harus dilakukan, sebuah banner didepan kantor Polsek yang bertuliskan ““One Top Service and Zero Cost””.
Akhirnya kami bergabung dengan bapak Kapolres dalam perbincangannya dengan aggota Polsek Tamberu, pengarahan dan nasehat yang disampaikan oleh bapak Kapolres kepada mereka. Kami hanya menyimak perbincangan mereka, dan mendokumentasi semua kegiatan hari itu.

netizen5

Setelah perbincangan selesai, sesi yang para netizen tunggu yaitu foto bersama jajaran Polres dan Polsek Tamberu, dan itu mengakhiri perjalanan kami pada hari itu. Kami semua menuju Polres pamekasan untuk kembali ke rumah masing-masing, dan rasa terimakasih kepada bapak Kapolres telah mengajak netizen mengikuti kegiatan Polres saat kunjungan kerja ke Polsek di pantura.

netizen3

Sebuah perjalanan tidak akan pernah kita ingat selamanya, sebab jika kita hanya meninggalkan jejak disuatu tempat tanpa menulisnya, maka perjalanan itu akan terhapus dengan sendirinya. Tulislah jejak tersebut maka akan menjadi sebuah sejarah kehidupan yang berarti, seperti perjalanku bersama Netizen dan Kapolres serta jajarannya. Mulailah melangkah untuk meninggalkan jejakmu dan tulislah sejarahmu sendiri, maka itu akan semakin bermakna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *