Kartini Semangken Bersama Bunda Injul

Acara Kartini Semangken Bersama Bunda Indah Julianti di Plat-M – Acara “Kartini Semangken ” adalah acara yang  yang di adakan oleh Plat-M   setahun sekali. Dalam rangka memperingati hari Kartini. Plat-M kali ini mengundang Indah Julianti Sibarani.

Acara ini adalah perjalanan pertamaku dalam menulis sejarah. Karena satu tahun yang lalu, tepatnya saat acara “Kartini Semangken” tahun 2015, aku pertama kali ikut nimbrung dan mengenal Plat-M lebih dekat lagi.

g501j4

Acara “Kartini Semangken” adalah hal yang sangat berharga untukku, sebab dari acara inilah aku bisa belajar banyak hal dari Plat-M. Walaupun aku harus sendirian dari Pamekasan menuju Bangkalan, aku tetap harus berangkat ke acara.

Acara kali ini, memiliki pemateri yang luar biasa hebat. Dia adalah seorang wanita yang benar-benar hebat menurutku. Jadi teringat ibu dirumah, hehehe. Nama beliau adalah Indah Julianti Sibarani, beliau adalah CO-Founder emak-emak Blogger, penulis buku anak-anak, dan masih banyak lagi kehebatan beliau. Jika penasaran lihat langsung di blog indahjulianti.com.

Pada acara kartinian ini, benar-benar berbeda dari tahun lalu, mungkin kalau tahun lalu yang hadir kebanyakan laki-laki sekarang yang hadir kebanyakan perempuan, jadi kalau tahun lalu malu bertanya ke pemateri, kalau sekarang gak malu lagi untuk bertanya, sebab sudah banyak perempuannya. Kalau tahun kemaren dianterin senior Plat-M Pamekasan, sekarang aku berangkat sendiri ke Bangkalan, dan membawa pengikut baru buat Plat-M. Rasanya benar-benar berbedah dari tahun lalu.

g4768

Tahun ini, pada acara “Kartini Semangken” aku sangat bahagia bisa mengenal bunda Injul, yang jauh-jauh datang ke Madura. Para peserta yang antusias mendengarkan bunda Injul saat menyampaikan materi, itu terlihat sekali kalau mereka menyimak dengan baik, soalnya tidak ada suara celetukan khas mahasiswa saat acara seminar, ini benar-benar luar biasa. Mereka semua antusias mendengarkan penjelasan bunda.

g4474

Yang aku ingat sampai saat ini adalah “Menulis itu mudah”. Itu yang terdapat pada slide bunda saat menjelaskan tentang menulis. Kemudian bunda bertanya kepada kami semua, “kegiatan seperti apa yang kami sukai ?”. Satu-persatu peserta menjawab pertanyaan itu. Setelah dijawab oleh peserta. Dari sekian banyak  kegiatan yang disebutkan peserta,  bunda kembali bertanya, “kegiatan apa yang kamu paling sukai?”. Setelah salah satu dari peserta ditunjuk, bunda memberi tahu, bahwa itu bisa jadi topik kami di blog.

Setelah semua materi diberikan, bunda memberikan buku kepada peserta. Tetapi pastinya dipilih oleh bunda, dan aku salah satu yang beruntung saat acara. Iya, aku mendapatkan buku karena suka ngoding. Benar-benar bahagia diriku, karena bisa dapat buku yang langsung diberikan oleh penulisnya.

g4870

Kemudian pada acara yang paling terakhir, yaitu foto bersama bunda. Walau aku gak mendapatkan kesempatan berada disamping bunda untuk berfoto, tidak apa-apa. Pasti akan ada waktu untuk berjumpa lagi dengan bunda Injul.

g4545.png

Setelah acara selesai, aku mendapatkan kesempatan curhat ke bunda, iya tanya-tanya tentang blog dan lain-lain. Oh iya aku juga bertemu kedua kalinya dengan salah satu Makmin KEB yaitu Yuniar Nukti, iya sempat bercanda dan mengenal beliau lebih dekat lagi.

Tiba-tiba turun hujan, akhirnya gak bisa kemana-mana. Karena gak bisa kemana-mana, iya aku melanjutkan obrolan bersama Bunda Injul, Mbak Yuni, Mbak Riska, Mbak Ria, aku dan teman-teman dari Pamekasan.

Aku juga mendapatkan kesempatan minta tanda tangan di buku yang bunda berikan, akhirnya buku yang aku dapatkan ada tanda tangan penulisnya. Wah jadi semangat baca buku “Writing is Fighting”. Tinggal nunggu pemberian buku yang ditulis oleh mas Wahyu dan tanda tangan dibukunya 🙂  . Ngarep pemberian buku dari mas Wahyu, hehehe.

g4780

Akhirnya hujan redah, dan kami melanjutkan perjalanan ke Masjid Agung Bangkalan, untuk melaksanakan sholat dzuhur, dan acara Kartini semangken berahir di Masjid Agung Bangkalan, sama seperti tahun lalu, saat Mbak Ria jadi pemateri “Kartini Semangken”.

Kartini Semangken, benar-benar bentuk kepedulian Plat-M terhadap anggota perempuan Plat-M. Dengan adanya acara ini, kami para perempuan, bisa kenal kepada perempuan-perempuan hebat layaknya Kartini, yang berjuang untuk perempuan Indonesia.

Selalu aku pendam dalam hatiku, bahwa aku bisa menjadi sosok Kartini yang membantu para Perempuan Indonesia, serta menjadi perempuan tangguh dalam menghadapi dunia. Selamat hari Kartini, 21 April 2016.

6 thoughts on “Kartini Semangken Bersama Bunda Injul

  1. Jadi kamu sendirian Nila? Gokil..
    Jadi ini tepat setahun ya, kamu ikut acara Plat-M? Gokil..

    Tahun lalu, kamu salah satu peserta yang aktif saat saya jadi moderator.
    Teruslah belajar, anak muda!

    Sampaikan salam saya untuk nak-kanak Pamekasan!

    1. Iya Mas Wahyu, tepat satu tahun.. waktu itu adalah kedua kalinya bertemu Mas Wahyu, dan pertama kalinya mengenal anggota Plat-M yang lain.
      Pasti belajar mas, karena ada mimpi yang menunggu, untuk diwujudkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *