Menginjakkan Kaki di Jembatan Suramadu

suramaduu

Suramadu adalah jembatan terpanjang di Indonesia, jembatan ini dibuat untuk menghubungkan pulau Jawa dan Madura, yang terletak di Kota Surabaya melintasi laut dan berakhir di Kota Bangkalan. Dengan adanya jembatan ini, diharapkan masyarakat Jawa Timur, khususnya pulau Madura, bisa lebih maju lagi. Baik dari sektor Pariwisata dan pendapatan daerah. Serta jembatan Suramadu bisa mempermudah wisatawan yang ingin mengetahui keindahan pulau Madura.

Semenjak ada jembatan Suramadu, setiap aku mengunjungi Madura bersama keluarga. Selalu melewati di jembatan ini. Kalau dulu melewati pelabuhan Jangkar, yang ada di daerah Situbondo. Semenjak adanya jembatan Suramadu aku tak pernah lagi melewati jalur laut.

Dari dulu, aku hanya bisa menikmati perjalanan di jembatan dan melihat keindahan Suramadu dari dalam kendaraan, padahal waktu itu ingin sekali berfoto di Suramadu. Dalam benakku, aku berfikir suatu hari nanti aku bisa berfoto di Suramadu. Akhirnya do’aku terkabul.

Pertamakali aku melewati jembatan Suramadu menggunakan motor,aku ingin sekali berfoto di Suramadu. Tetapi waktu itu gagal foto karena acaranya gak sampek malem banget, jadi aku gagalkan. Pas acara sekian kalinya aku benar-benar pulang jam 3:00 WIB dari Surabaya menuju Madura. Saat itu aku memiliki kesempatan untuk berfoto, karena sedikit kendaraan yang melintas pada jam segitu.

suramadu2

Akhirnya aku mendapatkan foto di atas jembatan Suramadu, wah aku kegirangan sekali. Aku bukan hanya melewati ataupun melintasi jembatan Suramadu, tetapi aku bisa menginjakkan kakiku di jembatan yang menghubungkan pulau Jawa dan pulau Madura.

Pada waktu itu, laut yang tidak terlalu berisik, dengan hiasan lampu-lampu perahu di sekitar pantai adalah pemandangan yang indah untuk dinikmati, sayangnya aku gak sempat mengabadikan keindahan itu.

Jika harus kembali ke waktu itu, mungkin aku akan mengabadikan keindahan laut pada malam itu. Sungguh jembatan yang mempunyai keindahan sendiri dan banyak membantu masyarakat Madura untuk lebih dikenal lagi oleh orang Jawa. Ini loh Madura, Madura itu keren dan begitu juga dengan jembatan Suramadu, yang dengan gagahnya melintasi permukaan laut, hanya untuk menjadi penyambung Jawa dan Madura.

Keberadaan jembatan Suramadu harus kita jaga dengan baik, bersyukur dengan keberadaanya. Karena jembatan ini akan tetap terlihat indah, jika kita merawatnya dengan baik. Sehingga jembatan Suramadu tetap bisa berdirih dengan gagah, walau ombak selalu menerjang. Maka ini adalah sejarah hidup yang harus aku abadikan, karena setiap apa yang kita lakukan adalah sejarah kehidupan. Dengan mengabadikan sejarah maka kita akan selalu ingat apa yang sudah kita perbuat saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *