Hobi Selalu Menyenangkan

Pasti semua orang tahu bahwa hobi itu adalah kegiatan yang membuat kita santai dan melupakan hal-hal yang tidak menyenangkan, serta kita bisa enjoy saat melakukannya. Katanya sih, hobi adalah kata serapan dari Bahasa Inggris yaitu hobby. Hobby sendiri berarti kegemaran. Jadi apapun yang kita gemari itu adalah hobi. โ€œTapi bagaimana yang gemar tidur?โ€, jadi hobi tidur donk. ๐Ÿ™‚ hehehe

image2993

Sebenarnya, jika kita berbicara hobi akan banyak sekali yang bilang, hobi ini dan itu. Aku kadang bingung kalau mendengar pernyataan mereka semua. Aku gak tahu hobiku apa, yang aku tahu adalah aku suka coret-coret diary kalau lagi sedih dan senang. Aku juga suka jalan-jalan bareng teman dan kumpul-kumpul gak jelas bareng mereka. Sekarang aku lagi senang menulis di blog. Jadi menurutku, hal yang bisa membuat kita senang itu bisa dikatakan hobi. Jadi hobiku sekarang menulis di blog dan bercita-cita bisa menulis buku.

Aku ingin bercerita sedikit ya, dulu waktu masih tidak mengenal dunia blogging. Dari sukanya aku coret-coret, akhirnya aku mendaftarkan diri di ekstra kulikuler sekolahku. Aku mendaftarkan diri, menjadi salah satu anggota majalah Exsman milik MAN 2 Situbondo, iya aku selalu menyumbang puisi dan bagian menulis tentang teknologi. Walaupun tulisanku gak pernah berada dihalaman depan, itu tak jadi masalah untukku. Aku suka menulis tentang hal-hal yang berbau pendidikan, puisi dan curahan hati baik saat galau ataupun senang.

Aku mengenal blog saat aku lulus MA (Madrasah Aliyah), iya tampilannya pun sederhana dan blog pertamaku, aku berinama alufthegirl. Terakhir update semester 2 kemarin, wah lama sekali itu. Soalnya sekarang aku sudah semester 8.

Karena aku sibuk kuliah, aku melupakan blog yang setia denganku. Entah kesamber petir atau apalah. Semenjak aku sadar bahwa hanya menulis di diary itu gak enak dan ngabisin banyak buku. Jadi aku kembali membuat blog baru dengan url namaku sendiri. Ceritanya biar semangat nulis lagi, dan saat nulis cerpen gak kepanjangan. Soalnya kalau pas selesai nulis cerita, jadi kebingungan sendiri, “ceitaku mau dibilang apa ini?”, dibilang cerpen kepanjangan, dibilang novel kurang banyak. ๐Ÿ™‚

image10

Saat aku memutuskan untuk membuat blog baru dan kembali memulai hobi lamaku yang aku tinggalkan, aku sebenarnya sudah bergabung di komunitas blogger yaitu Plat-M. Kemudian aku bergabung dengan grup WA yang bertuliskan Blogger Madura, saat itulah aku semangat untuk selalu menulis dan update blog. Untuk berani menulis atrikel ini pun berkat mereka. Katanya eyang kakung Wahyu, โ€œjangan cuma bilang semangat nulis, coba aja langsung ikutโ€, ๐Ÿ™‚ Hehe. Sebenarnya bukan langsung ikut sih, tapi disuru langsung daftar.

Akhirnya aku bisa sedikit memberi tahu pada dunia, kalau aku memang menyukai dunia blogging. Karena aku bisa menulis apa saja yang pernah aku lewati, serta aku tak ingin moment itu dilupakan begitu saja. Ketika aku menulis untuk keabadian, maka disitulah sejarah yang ku buat. Baik itu tentang perjalananku, curahan hati, serta tutorial android dan teknologi.

Awalnya aku malu untuk share tulisan di sosial media, tapi kalau selalu malu kapan dunia tahu, kalau aku hobi nulis dan jalan-jalan. Akhirnya aku memberanikan diri, walau tulisanku gak sebagus mereka, dan selalu saja ada kesalahan tulisan. Terkadang aku ingin menyerah terhadap hobiku yang satu ini, tapi sayangnya aku sudah terlanjur mencintai dunia blogging. Dunia yang menyenangkan, โ€œkenapa aku bilang begitu?โ€. Karena aku bisa mendapatkan banyak ilmu dari para senior blogger dan juga nambah banyak teman.

Semenjak menjadi anggota Plat-M, eh bukan. Maksudku, semenjak aku gabung dan aktif di Plat-M, aku bisa mengenal banyak orang, dan kemarin juga bisa kenal dengan emak-emak blogger. Pas hari kartinian kemaren, aku dipertemukan dengan bunda Indah Juli oleh Plat-M, dapet buku gratis pula dari beliau, jadi tambah semangat nulis. Jadi hari Kartini kemaren adalah satu tahun aku bergabung di Plat-M dan semangat menulis lagi. ๐Ÿ™‚

Aku sih simpel aja, apapun yang kamu sukai, lakukan itu dengan sungguh-sunggu, karena kita tidak akan pernah tahu apa yang ada diujung jalan sana. Kalau hobi nulis, iya monggo ditekuni. Kalau hobi buat aplikasi android atau web, iya monggo ditekuni. Serta semua hal yang kalian sukai dan merasa nyaman dengan itu, monggo tekuni. Ada sebuah nasehat yang aku suka saat acara ALAMenilai di Jumโ€™at malam yaitu :

Lakukan yang terbaik. Jika tidak bisa, jangan lakukan sama sekali. Percayalah blog kalian ada yang menilai.

Seperti saat ini, blog saya ada yang menilai. Karena ini adalah lomba menulis cekaja. Mungkin sekian dulu cerita tentang hobiku, jadi apapun yang membuat kalian nyaman, jadikan itu hobimu. Karena hobi itu selalu menyenangkan. Banyak yang akan kita peroleh, jika kita menekuni apapun yang kita suka. Maka dariku, semangat nulis ya. ๐Ÿ™‚

cekaja-blogger-contest-3

6 thoughts on “Hobi Selalu Menyenangkan

  1. Nila, perkembangan menulismu meningkat cepat. Dari awal sampai akhir aku enjoy banget bacanya. Temanya simple sih, tapi aku betah nih. Aku setuju banget kalau jika kita menyukai sesuatu maka jalani itu dengan penuh totalitas dan konsisten.

    Semangat ya Nila, good luck! *ketjup*

    1. Alhamdulillah, berkat gojlokan dan ketularan semangat untuk lebih baik lagi. Jadi pengen kayak Mbak Riska, bisa hadir ke Event blog, biar bisa nambah ilmu dalam menulis ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *