Mengingat Sebuah Sejarah

Pada dasarnya, ketika kita berbicara sejarah. Maka yang terlintas dipikiran kita adalah sejarah Indonesia. Tak banyak orang berpikir, bahwa kehidupan yang kita jalani adalah sebuah sejarah di masa depan. Apa lagi pelajaran sejarah, yang paling gak disukai oleh anak IPA. Biasanya sih, yang masuk IPA karena males belajar sejarah, yang isinya tulisan semua. Intinya itu aku yang gak suka pelajaran sejarah. Hehehe 🙂

KSL

Kehidupan yang kita jalani memiliki sejarahnya sendiri, seperti yang kita sering dengar history kehidupan. History kehidupan adalah bukti bahwa kita pernah mengalami hal seperti itu, baik itu yang memalukan atau pun yang membahagiakan. Bukan hanya kehidupan kita saja yang ada sejarahnya, akan tetapi sebuah komunitas yang kita masuki memiliki sejarahnya sendiri.

Seperti halnya acara Release Party Ubuntu 16.04, yang diadakan pada bulan kelima oleh Komunitas Study Linux Pamekasan. Tepatnya tanggal 15 April 2016 kemarin. Ini adalah acara release ketiga yang aku ikuti. Release party ubuntu 14.04 yang mendatangkan pemateri dari luar kota. Kemudian release party ubuntu 15.04 yang mendatangkan dua pemateri sekaligus, yaitu Mbah Suro Demmit, dia seorang yang terkenal di bidang jaringan dan juga pemateri kece dari Bangkalan Nurwahyu Alamsyah, dia salah satu sesepuh di Plat-M.

Pada release party yang ke 16.04, kita kemas berbeda. Yang biasanya pemateri dari luar kota, sekarng kita mengundang para sesepuh KSL-P. Tujuannya agar kita bisa mengingat kembali sejarah dan juga mengenalkan senior ke anggota baru.

Ternyata KSL-P itu memiliki penggagas yaitu Amin Jakfar, S.Kom dan juga seorang pembina yaitu Khoirul Anam, S.Kom. KSL-P didirikan pada tanggal 2 Oktober 2011, mungkin kalau kita hitung, hampir enam tahun komunitas ini berdiri. Selain itu anggota yang pertama kali di komunitas ini ada empat orang yaitu Khoirur Rhosy, S.Kom, Umarul Faruq, S.Kom, Zainal Arifin, S.Kom dan Agus Sofyan, S.Kom.

Sambutan pembina saat acara ini berlangsung juga menegangkan. Mungkin karena acara ini berbeda dari tahun lalu. Jadi komentar pembina cukup ditunggu bagi kami.

pembina
Pembina KSL Pamekasan

Pada acara kali ini, kami menghadirkan para anggota pertama di komunitas ini, yaitu Kak Rhosy, Kak Faruq, Kak Zainal dan Kak Sofyan. Sayangnya kak Zainal dan kak Sofyan gak bisa hadir. Jadi bintang tamu di acara release party yang dikemas menjadi talk show “Muda Berkarya” hanya ada Kak Rhosy dan Kak Faruq. Oh ya, satu lagi walau bukan anggota pertama tapi beliau juga sesepuh di KSL-P yaitu Kak Halim.

pemateri
Kak Rhosy (Kanan), Kak Faruq (Tengah), Kak Halim (Kiri) dan yang cantik itu host kita Santhi FH.

Sebelum acara ini dilaksanakan, pada bulan April kami melakukan road show ke sekolah-sekolah, guna untuk memperkenalkan KSL-P dan juga tentang penggunaan operating system yang berbasis open source. Jadi acara yang diadakan dua hari disetiap sekolah, insyaallah akan memberikan manfaat yang baik. Serta tujuan kami melakukan itu, untuk membentuk KSL cabang disetiap sekolah dan membantu pemerintah dalam rencanaya yang bertema IGOS (Indonesia Go Open Source).

Pesertanya memang kebanyakan dari siswa-siswi SMK, akan tetapi hanya SMK yang kami kunjungi saja. Sebagian lagi adalah para senior KSL dan juga mahasiswa teknik Universitas Islam Madura. Maklum acara kali ini agak privasi jadi untuk mahasiswa hanya mengambil dari kampus UIM.

peserta
Peserta Talk Show

Acara yang diadakan di pendopo bupati, adalah acara puncak setelah road show ke sekolah-sekolah. Sekaligus tanda tangan pembuatan KSL cabang di sekolah tersebut. Alhamdulillah pembentukan KSL cabang berjalan dengan baik.

Setelah penanda tanganan pembuatan KSL cabang di setiap sekolah yang kami datangi bersama, berarti sudah sah bahwa KSL cabang berdiri di sekolah itu. serta setiap satu bulan sekali kami akan melakukan pelatihan tentang open source.

penanda
Tanda Tangan Pembuatan KSL Cabang

Janganlah kita sesekali melupakan sejarah, karena sejarah adalah bukti kita pernah berada. Abadikanlah sejarah itu dengan menulis dan beritahulah dunia kalau kita itu ada. Maka kehidupan kita akan dicatat oleh sejarah kehidupan. Sebab itu lah, tulislah sejarahmu maka sejarah akan menulismu. Sekian, sampai jumpa di postingan selanjutnya. 🙂

4 thoughts on “Mengingat Sebuah Sejarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *