Menduniakan Madura Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi

Smiley face

Teknologi Informasi & Komunikasi- Sumber Foto: www.google.com

Untuk membangun sebuah negara agar dikenal oleh dunia dan menjadi pusat perhatian dunia, maka kita harus memulainya dengan hal-hal yang paling kecil terlebih dahulu. Setiap negara yang besar, pasti negara itu memulai membagun dari hal-hal kecil dan sederhana, serta tetap mempertahankan budaya yang ada.

Ketika kita berpikir suatu negara, pasti yang terlintas pertama kali adalah budaya. Berbicara budaya, pasti setiap negara memiliki budaya sendiri. Sama seperti halnya Indonesia, yang memiliki berangam budaya dan adat istiadat berbeda. Setiap daerah diberbagai pulau di Indonesia memiliki budaya yang berbeda. Budaya bukan untuk ditinggalkan saat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadi raja dunia. Karenaa disaat semua aturan dan informasi bisa kita akses dengan mudah, lantas kita tidak seharusnya melupakan budaya, apa lagi budaya Indonesia yang sangat menawan.

Seharusnya, dijaman yang semuanya serba praktis, apa lagi untuk mencari tahu atau mempelajari suatu budaya di negara lain, kita bisa dengan mudah mempelajarinya. Sebab teknologi sudah menyediakan informasi yang kita butuhkan. Untuk itulah, aku berharap pemuda Indonesia tetap mempertahankan budayanya sendiri.

Aku juga seorang pemuda Indonesia, yang terkadang masih malu mengakui budaya di daerahku. Bahakan terkadang aku enggan melakukan adat istiadat daerahku, yang mirip dengan adat istiadat Madura. Entahlah, aku terkadang malu. Tetapi, itu semua berubah. Saat aku memutuskan untuk hijrah ke Pulau Madura untuk melanjutkan studi Strata satu  di Universitas Islam Madura Pamekasan. Awalnya aku memang masih berfikir, orang Madura itu kasar. Sesampainya di Pamekasan. Aku malah tambah yakin mereka benar-benar kasar.

Smiley face

Budaya Madura- Sumber Foto: www.anneahira.com

Selang beberapa semester, akhirnya semua pikiran negatif terhadap orang Madura semakin berkurang. Mereka benar-benar banyak yang baik dan lemah lembut. Akan tetapi, pikiran negatifku terhadap mereka benar-benar hilang saat aku mengenal sebuah komunitas yang bercita-cita menduniakan Madura. Sehingga Indonesia bukan hanya terkenal dengan Pulau Dewata dan Jakarta saja. Tetapi Pulau yang terkucilkan seperti Madura bisa membanggakan Negeri ini.

Banyak yang dunia tidak tahu, tentang potensi yang ada di Indonesia, terutama Madura. Yang selama ini hanya terkenal dengan Kerapan Sapi,pulau garam dan kekerasan. Semuanya berbeda dari opini yang ada. Dengan adanya komunitas yang ingin menduniakan Madura, mungkin Madura akan sangat mendunia.

Komunitas ini bernama Plat-M, iya komunitas yang benar-benar bangga dengan Madura. Pulau ini memiliki empat kabupaten yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Mereka menyebarkan informasi tentang pariwisata, kuliner bahkan kebudayaan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Karena komunitas ini adalah komunitas blogger, yang pastinya setiap anggota dari Plat-M memiliki blog pribadi yang akan mengenalkan Madura ke dunia.

Smiley face

 plat-m.com

Komunitas ini, juga memiliki blog tersendiri. Jadi blog komunitas yang hanya di pegang oleh beberapa orang, yang menjadi perwakilan dari setiap kabupaten, untuk posting di blog ini. Sehingga anggota yang lain bisa menyumbangkan tulisan lewat e-mail, yang dikirim ke admin Plat-M per-daerah dan blog pribadi untuk mengenalkan Madura. Jika aku lihat blog plat-m.com, maka yang terlihat disitu adalah semua tentang Madura. Jadi informasi setiap dari empat kabupaten itu sudah diberi tags yang berbeda, sesuai dengan nama kabupaten tersebut.

Selain blog dari komunitas, ada juga blog dari senior Plat-M yang benar-benar menjelaskan Madura secara detail yaitu pulaumadura.com. Di blog itu, benar-benar membahas Madura dengan sangat serius, bahkan sering kali menjadi tempat informasi yang lengkap saat ingin mengetahui wisata di Pulau Madura, serta beberapa info kuliner.

Smiley face

pulaumadura.com

Bahakan untuk kuliner yang ada di Madura, sudah mulai memanfaatka teknologi informasi dan komunikasi untuk penjualan dan menarik pengunjung. Dengan mengundang blogger yang ada di Madura untuk review produce menu baru mereka dan yang pasti mempromosikan produce baru mereka. Tujuannya tetap sama, yaitu membantu masyarakat Madura dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Karena teknologi sangat berpengaruh dalam hal apa pun, baik dari segi pembagunan atau pun promosi daerah.

Sebagai seorang pemuda Indonesia yang hanya selalu berada di depan laptop untuk sekedar coding aplikasi atau pun web, serta blogger. Aku hanya bisa membantu membangun Negara ini melalui Madura. Dengan menduniakan Madura maka kami juga bisa menduniakan Indonesia.

Aku selalu berfikir bahwa, “ jika ingin menjadi negara besar, maka jangan pernah menyepelehkan hal kecil”. Sama hanya seperti ini, jika kita ingin membangun Negara Indonesia lebih baik lagi, maka benahi dulu hal-hal kecil. Seperti yang kami lakukan, memperkenalkan Madura ke pada dunia.

One thought on “Menduniakan Madura Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *