Memotret Pembangunan Pariwisata Indonesia Bagian Timur Jawa

Pariwisata atau turisme merupakan sebuah perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau berliburan dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini. Definisi turisme yang lebih lengkap adalah industri jasa. Pada industri ini, mereka mangani jasa mulai dari trasportasi, jasa keramahan, tempat tingga, makanan, minuman, dan jasa yang bersangkutan lainnya seperti bank, asuransi keamanan, dan yang lainnya. Jasa ini juga menawarkan tempat istirahat, budaya, petualangan, pelarian, hiburan, pengalaman baru dan hal lainnya yang akan membuat wisatawan terpuaskan.

Smiley face
Air Terjun Toroan- Foto : pulaumadura.com

Banyak negara yang bergantung pada industri ini, untuk membuat daerah di negara tersebut terkenal dan mendapatkan keuntungan untuk negara dan industri jasa tersebut. Dengan adanya pariwisata masyarakat di daerah yang dijadikan tempat untuk wisata, akan mendapatkan keuntungan pula, jika pengelolah pariwisata bekerja sama dengan warga sekitar tempat wisata.

Berbagai negara berlomba-lomba untuk membangun sebuah pariwisata, selain sebagai media promosi wilayah di suatu negara tersebut. Pembangunan ini juga digunakan untuk strategi ekonomi disuatu negara tertentu. Indonesia termasuk salah satu negara yang menggunakan pariwisata sebagai strategi ekonomi dan memperkenalkan keindahan Indonesia ke mancanegara.

Pariwisata di Indonesia semakin hari semakin pintar dalam mempromosikan pariwisata. Dari ujung Sabang sampai Merauke, melakukan pembenahan pariwisata. Berbagai promosi dari berbagai media, mualai dari media cetak, elektronik dan sosial media. Promosi itu bukan hanya sebagai promosi biasa, terkadang menulis sebuah artikel pariwisata dibayar dengan harga fantastis. Administrasi untuk pariwisata pun sudah mulai dibenahi. Bukan hanya dari sisi administrasi dan promosi yang dibenahi, tetapi juga pembangunan dan perbaikan wisata juga dibenahi. Sehingga tempat untuk berwisata menjadi lebih nyaman.

Sebagimanan dengan prinsip pembangunan pariwisata berkelanjutan, seperti yang disebutkan dalam Piagam Pariwisata Berkelanjutan adalah pembangunan yang dapat didukung secara ekologis, sekaligus layak secara ekonomi, juga adil secara etika dan sosial terhadap masyarakat. Hal ini hanya akan terlaksana dengan sistem kepemerintahan yang baik (good governace) yang melibatkan parsitipasi aktif dan seimbang antara pemerintah, swasta, dan masyarakat. Jadi tanpa itu semua, pembangunan pariwisata berkelanjutan tidak akan pernah tercapai.

Seperti halnya wilayah lain, wilayah bagian timur Jawa juga sedang melakukan promosi untuk pariwisatanya. Seperti halnya di Pulau Madura yang masih termasuk Jawa bagian timur, sedang melakukan promosi besar-besaran nih. Ada blogger Madura yang selalu mempromosikan berbagai wisata di Madura. Sebut saja Plat-M yang selalu memberikan kabar terbaru tentang Madura di blognya dan juga ada salah satu anggota Plat-M yang memang membuat blog khusus hanya untuk wisata di Madura yaitu pulaumadura.com. Bukan hanya dari blog saja, akan tetapi ada salah satu dari anggota Plat-M yang sudah membuat travel khusus liburan di Madura.sebut saja travel itu dengan Madura Indah Wisata, jadi travel ini menyediakan jasa pelayanan wisata kepada masyarakat baik iti lokal ataupun non-lokal.

Hmm, bukan hanya mereka saja, akan tetapi semua anggota dari blogger Madura juga membantu dalam promosi pariwisata Madura. Kerennya lagi mereka semua sudah bekerjasama dengan BPWS dalam promosi pariwisata di Madura, bukan hanya dengan BPWS, blogger Madura juga bekerjasama dengan warga sekitar untuk membantu pelayanan kepada pengunjung yang akan berwisata, sehingga hal semacam begal tidak akan pernah ada, yang ada itu hanya sebuah isu yang tidak berdasar. Faktanya, aggota blogger Madura aman-aman saja keliling di Pulau Madura.

Sedikit bocoran nih, wisata di Madura benar-benar indah. Masih banyak yang belum tercemar, semuanya masih alami. Jadi pariwisata di Madura selain indah juga aman kok, tenang saja pokoknya. Ada anggota Plat-M yang akan memberikan kabar terbaru tentang pariwisata di Madura.

Ok deh, biar gak penasaran aku bakalan tunjukin, seperti apa keindahan Madura itu. Jangan samapai aku mendengar lagi kata seperti ini, “hmm, Madura ya? memang ada apa sih disanan? kayaknya gak ada yang bisa dinikmati di Madura”. Mangkanya sekarang aku tunjukin beberapa tempat pariwisata di Madura yang diposting pada blog pulaumadura.com. Yang pertama, wisata Pantai Slopeng yang berada di daerah Sumenep.

Pantai Slopeng
Pantai Slopeng Sumenep – Foto : pulaumadura.com

Yang kedua, Wisata Hutan Mangrove yang ada di Bangkalan, tepatnya di desa Labuhan Kecamatan Sepulu atau sekitar 40 Km dari arah utara Kota Bangkalan sebelum Pantai Siring Kemuning. Hmm, ternyata ada juga kan Hutan Mangrove di Madura, jelaslah Madura memang memiliki pesonanya tersendiri di bidang pariwisata.

Smiley face
Mangrove Education Park – Foto: pulaumadura.com

Yang Ketiga, Air Terjun Toroan di Sampang. Pasti pada gak menyangka kalau di Madura ada air terjun, “iyalah kan kalian bukan orang Madura”, hehehe. Aku kasik tahu sedikit info nih tentang air terjun ini. Air terjun ini terletak di pantai utara Sampang, air terjun yang langsung mengalir ke pantai utara di daerah Sampang. Tetapi hati-hati ya kalau kesini, katanya sih keramat. Tapi aman kok, itu kan hanya mitos, bisa benar dan juga salah.

Smiley face
Air Terjun Toroan- Foto : pulaumadura.com

Yang ke empat Api Tak Kunjung Padam, ini wisata yang dari dulu aku suka. Semenjak kecil aku sudah sering pergi ke Madura, akan tetapi aku hanya pergi ke tempat ini saja. Selain tempatya dekat dengan rumah saudara, yang bikin seru itu apinya yang menyala sendiri, jadi kita hanya menggali sedikit tanah diarea yang sudah diberi pagar pembatas, maka api akan langsung menyala tanpa harus kita hidupkan pakai korekย  api. jadi wisata yang terkenal dengan api abadinya ini berada di Pamekasan, membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan jarak 4 km dari pusat kota untuk sampai ke Api Tak Kunjung Padam.

Smiley face
Api Tak Kunjung Padam- Foto : pulaumadura.com

Baiklah, mungkin aku hanya bisa memberi tahu empat wisata saja. Sebab, jika aku menyebutkan satu persatu wisata di Madura, gak bakalan selesai deh, dari saking banyaknya tempat wisata di Madura. Apali sekarang banyak tempat wisata baru di Madura, seperti Gili Labak, Gili Iyang dan masih banyak yang lainnya, jika masih penasaran tentang pariwisata Madura, silahkan kunjungi plat-m.com atau pulaumadura.com. Disana sudah jelas dengan harga tiket dan yang lainnya. Bisa juga blog teman-teman Plat-M yang lainnya.

Berharaap itu perlu kan ?, pastinya perlu donk ๐Ÿ™‚ . Semoga pemuda Indonesia tetap menjaga tempat wisatanya dengan baik, kalau bukan pemuda Indonesia siapa lagi yang akan membantu masyarakat ?. Semoga kedepannya Pariwisata yang kita bangun di Indonesia bisa terus melaksanakan Piagam Pariwisata Berkelanjutan, sehingga tempat wisata bisa tetap aman dan indah, bukan hannya itu saja sih. Akan tetapi masyarakat di sekitar tempat wisata juga mendapatkan dampak ekonomi yang lebih baik dengan adanya tempat wisata di daerah tersebut. Mari jaga pariwisata yang kita miliki, sehingga masyarakat Indonesia bisa hidup sejahtera dan lingkungan yang dipergunakan untuk tempat wisata tetap bersih dan tidak tercemar.

Sebagaimana hidup, tak ada yang tak mungkin jika kita berusaha. Jadi tak ada yang tidak mungkin, bahwa tempat wisata yang kita miliki akan tetap ada pengunjunga. Oleh karena itu Piagam Pariwisata Berkelanjutan harus kita terapkan, agar pariwisata ini benar-benar memiliki manfaat yang baik. Salam hangat dariku, sampai jumpa. ๐Ÿ™‚

Refrensi :

http://pulaumadura.com/

https://id.wikipedia.org/wiki/Pariwisata

https://id.wikipedia.org/wiki/Pariwisata

http://www.jejakwisata.com/tourism-studies/planning-and-development/113-prinsip-pembangunan-pariwisata-berkelanjutan.html

http://www.radarplanologi.com/2015/10/pengembangan-pariwisata-dalam-konteks-pembangunan-wilayah.html

One thought on “Memotret Pembangunan Pariwisata Indonesia Bagian Timur Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *