Menelusuri Jejak BPWS Bersama Blogger Nusantara

Menduniakan Madura
Jejak BPWS – nilawilda.com

Mimpi komunitas Plat-M yang sudah terwujud, kini tinggal dilaksanakan. Tepat pada tanggal 22 November 2016 acara keliling Madura bersama Blogger Nusantara untuk menelusuri jejak BPWS terlaksana. H-1 sebelum acara dimulai, tepat pada tanggal 21 November 2016, aku dan kawan-kawan Plat-M RT Pamekasan berangkat menuju Bangkalan untuk membantu persiapan acara #MenduniakanMadura.

Seperti biasanya, aku selalu menjadi yang tercantik dari yang lain, soalnya yang lain itu kan cowok dan gak mungkin cantik kan, hehehe. Ok, balik lagi kecerita tentang perjalananku menelusuri jejak BPWS bersama blogger se-Indonesia.

Wait, sepertinya ada yang lupa aku jelaskan, hehehe. Ok, sepertinya harus menjelaskan tentang BPWS dulu deh, biar kalian paham. Nah, BPWS atau “Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (Suramadu)” adalah suatu upaya untuk mempercepat pengembangan Surabaya-Madura. Upaya ini dilaksanakan setelah jembatan Suramadu berdiri dengan kokoh yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura.

Pembangunan jembatan Suramadu bertujuan untuk meningkatkan perekonomian Madura, sehingga akan mampu untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk di Madura. Serta akan mampu untuk memberikan konstribusi terhadap pengembangan kawasan untuk menyeimbangkan Madura dan Jawa Timur.

Ok, selesai deh penjelasan tentang BPWS, hehehe.

*****

Nah, sekarang apa sih hubungannya BPWS dan Plat-M?, kok bisa BPWS percaya terhadap Plat-M untuk membuat acara dan malah mengundang blogger bukan pejabat atau apalah ya ? 🙂

Itu ceritanya begini katanya, pas waktu Mas Wahyu pulang dari Taiwan, beliau di undang BPWS setelah dua minggu kepulangannya dari Taiwan. Mungkin BPWS merhatiin Mas Wahyu dari awal ya, sampai-sampai saat pulang ke Madura langsung diundang ke BPWS untuk menjadi narasumber promosi offline dan online di acara pelatihan desa wisata se-Madura.

Nah, hingga pada akhirnya sampai juga dipemikiran tentang promosi wisata Madura. Berhubung mas Wahyu itu blogger, jadi beliau memberi tahu bahwa promosi wisata juga tidak lepas dari promosi melalui dunia maya dan termasuk blogger. Kebiasaan blogger itu, bisa membuat wisata yang biasa menjadi luar biasa, hehehe.

Ok, singkat cerita ya, biar gak kepanjangan juga. Jadi setelah semua sepakat antara Mas Wahyu (Owner Plat-M) dan BPWS tentang acara yang akan diselenggarakan dan mengundang blogger dengan uang transportasi yang gak ditanggung. Wah beneran deh, di cerita sebelumnya aku sudah bilang bahwa banyak yang daftar, mangkanya gak jadi daftar karena aku hanya kerikil diantara bebatuan besara. Beneran ini, yang datang bukan blogger kacangan kayak aku, semuanya blogger keren istilahnya sih artisnya blogger yang hadir.

Transportasi gak ditanggung aja yang daftar sudah lebih 200 orang, serius antusias blogger untuk #MenduniakanMadura itu yang aku sukai. Dari sekian banyak orang yang daftar hanya 35 orang yang ikut dalam acara ini, kecuali panitia pastinya. Mangkanya aku mundur diawal, udah yakin gak kepilih soalnya yang daftar artis blogger, aku mah apa atuh, hehehe.

Tapi ternyata aku bisa ikut juga di acara kece ini, yang pasti aku gak kenal mereka semua. Oh, dari sekian banyak peserta yang ku kenal hanya dua orang saja  yaitu Bunda Indah dan Mbak Yuni. Iya mengenal dua orang ini saja buat aku kagum dengan mereka berdua, terus 33 orang peserta yang lain aku gak kenal, alhasil aku menjadi pendiam. Maklum, biasanya aku ini kan cerewetnya gak ketulung, hehehe.

Baiklah lanjut kecerita awal. Jadi pas acara itu aku hanya pasrah dalam diam, jadi setelah peserta datang jabat tangan yang biasanya aku gak mau jabat tangan sama cowok, untuk kali ini gak apa-apa lah, menghargai mereka yang sudah mengulurkan tangannya, tapi untuk pertemuan dengan mereka selanjutnya sepertinya tidak lagi, kan sudah kenalan waktu acara ini. Setelah kenalan dengan mereka dan memberikan kaos untuk acara keliling Madura dan odheng ciri khasnya orang Madura, aku kembali diam hanya ngekorin Mbak Lisa dan Mbak Erna, maklum Mbak Riska super sibuk, jadi kali ini Mbak Riska juga bersama suaminya masak aku ngekorin mereka berdua, hehehe.

Setelah semua peserta kebagian kaos dan odheng, tugasku selesai deh. Karena semua peserta sudah datang jadi acara selanjutnya keliling Madura. Oh iya, sebelum keliling Madura sebagian peserta ada yang ikut rapat bersama BPWS dan sebagian lagi jalan-jalan ke area jembatan Suramadu sisi Surabaya.

Nah, aku kebagian ikut rapat pembukaan acara, jadi gak ikut jalan-jalan deh. Jadi pas pembukaan itu, pihak BPWS membicarakan tentang pembangunan di daerah Madura, yaitu mengenai sektor industri dan segala hal mengenai Madura. Ada KKJSM (Kawasan Kaki Jembatan Sisi Madura) dan KKM (Kawasan Khusus Madura). Jadi KKJSM ini memiliki kegiatan untuk industri, perdagangan dan jasa, pemukiman, wisata, dan yang terakhir rest area.

Kemudian untuk kegiatan KKM sendiri meliputi industri, pergudangan, perdagangan dan jasa serta pemukiman. Jadi nanti akan dibuat Pelabuhan Peti Kemas Tanjung Bulu Pandan. Seperti itu yang aku ingat, hehehe. Tapi itu beneran mau dibuat loh. 🙂

Nanti pas waktu acara, kita juga akan diberi pembuktian bahwa BPWS sudah melakukan pembangunan, baik itu yang sudah dilakukan dan yang akan dilakukan. Jadi kita selain melihat pembuktian tentang apa yang dibicarakan BPWS dengan blogger waktu pembukaan, kita juga akan keliling Madura untuk melihat pekerjaan BPWS sekaligus menikmati wisata Madura.

Contohnya nih, di Giliyang. Jadi di Giliyang ini ada pembangunan jalan paving dan air bersih/MCK, serta fasilitas homestay bersama dengan Puslitbang Permukiman Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Masih banyak yang lainnya dan salah satunya lagi pembuatan rest area dikawasan kaki jembatan Suramadu sisi Madura yang berda di Bangkalan.

Setelah rapat pembukaan selesai nih, peserta yang ikut rapat segera memasuki bis yang sudah disediakan oleh panitia. Akhirnya kita semua berangkat keliling Madura dan menduniakan Madura.

Menduniakan Madura
Menduniakan Madura -Foto : @pardicukup

Lanjut kecerita selanjutnya ya.. Keliling Madura

3 thoughts on “Menelusuri Jejak BPWS Bersama Blogger Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *